Putera Batam Forum
thanks Selamat Datang di Forum Putera Batam thanks

Enjoy Our Communty

tapi jangan lupa

oh yeah ? Log in dulu donk oh yeah ?
Putera Batam Forum

STMIK - Universitas Putera Batam
 
IndeksIndeks  PortalPortal  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 10 Cara Pintar Belajar

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pengirim Message
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: 10 Cara Pintar Belajar   Wed Nov 25 2009, 15:12

Rabu, 25 November 2009

Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal

Yap, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci

Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar

Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita

Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur - tak perlu detail - berarti kita sudah paham.


knock head confuse3 spirit
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Wed Nov 25 2009, 17:20

yaya...

belajar oi tuk ujian....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Hotria Sitohang
mulai rajin


Posts : 20
Reputation : 0
Join date : 18.10.09
Location : Batam

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Wed Nov 25 2009, 18:41

nice.... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ferianti
Moderator


Posts : 484
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : tiban bukit asri

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 07:38

menurut gw, kl yg no 7 tu blm tentu berhasil loq....
da kemungkinan besar kl uda berkmpl mala ngobrol, mam, dll jadi lp bljr ...
tp kebanyakan ja, gk smua ny gt loq... thanks
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:08

wah nyindir nich......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:11

berarti ajun merasa iya...... hahahha..... smirk smirk knock head
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:13

mendingan u tanya feri aj..

klu g belajar kelompok gmn???

coz kan orang yg nilai kita.......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:17

tapi ngaku aja kita kan pasti ada ngobrol, dlll klo kumpul....... masa diam saja...

shut up shut up shut up kayak org bisu. Bener kan??? wkwkwkw.... sssttt


Terakhir diubah oleh jackyr tanggal Fri Dec 04 2009, 11:33, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:27

yups lho..

mank kita pasti ngobrol...

cuma klu ngobrol trus ga lah....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ferianti
Moderator


Posts : 484
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : tiban bukit asri

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:39

ajun : gk nyindir jun tp cuma bilang kenyataan nya ....
kebanyakan org gt mah tp kn uda gw blg gk smua nya loq.....

jack : kl kerja klmpk ma ajun gk bs ngbrol jack ....
tgg siap br blh kl gk tar .... hehehehe......

kabur ah , tar di pukul ajun arg.... run
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:42

wah ngeri banget,..... shock

berarti suasananya pasti menegangkan....... confuse

habis semua serius banget.... shut up

kayak pelem horor aja iya.... swt2
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
ferianti
Moderator


Posts : 484
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : tiban bukit asri

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:46

haha, gk tegang koq, sante ja cm fokus pda tgs dl mah....

haha, mank da hantu jack ??
pk pelem horror...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 11:59

enak aj u jack.

emg g hantu...

ditakutin..

ga segtu ny kali..

fokus utama tu tugas..

klu dah kelar bru bebas..

lha klu ngobrol trus kapan kelarny????
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 12:02

oooohhh... ngerti.... ngerti yg penting bawaannya santai aja.....

Mau kabur lah..... ajun dah marah nih.... run run run
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
ferianti
Moderator


Posts : 484
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : tiban bukit asri

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 12:22

haha, gk sempat kabur jack tar senin ktm loq... :p
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
suriyanto
angg. agak aktif


Posts : 200
Reputation : 3
Join date : 18.10.09

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 16:09

pake tip itu aja tuk blajar c++
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ajun
forumer


Posts : 654
Reputation : 4
Join date : 16.10.09
Location : Batam Centre

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 16:48

enak aj..

emg g mau ngapain?????
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ferianti
Moderator


Posts : 484
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : tiban bukit asri

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Fri Dec 04 2009, 18:20

suri : mank bs da hasilnya me ??
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
suriyanto
angg. agak aktif


Posts : 200
Reputation : 3
Join date : 18.10.09

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Mon Dec 07 2009, 17:42

ohh.. pertanyaan yang bagus...

tapi jawabannya akan di jawab si om jacky,... run
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
jackyr
forumer baru jadi


Posts : 340
Reputation : 1
Join date : 18.10.09
Location : Planet Bumi

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Mon Dec 07 2009, 18:33

saya akan jawab,

tetapi setelah si suri bisa menjelaskan ini

Quote :
pake tip itu aja tuk blajar c++

karena dia yg anjurkan. OK!!!! Berarti dia tau carnya.....

hahahahah..........
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://jackyr100.blogspot.com/
cotman2005
Moderator


Posts : 109
Reputation : 4
Join date : 18.10.09
Location : Depan Komputer

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Tue Dec 08 2009, 11:25

aku cuman suka satu item saja,
6. Bangun suasana belajar yang nyaman

karena setiap orang punya cara sendiri untuk belajar ...!! ada yang harus melihat object2 baru bisa hafal dan mengerti, ada yang harus dalam suasana ribut baru bisa mengeri ada yang harus bekerja dalam kelompok baru mengerti, dan lain2.

kalau saya biasanya tidak suka belajar dalam kelompok. lebih cepat belajar sendiri. dan jam saya belajar paling cepat adalah sekitar jam 3 pagi sampai dengan jam 5 pagi... Very Happy
gak ada tekanan, fresh.

membaca memahami mengerti dan mempraktekan Very Happy

halah sok tahu gw...

hehe... itu kan saya..!!

yang lain pasti lah berbeda...!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/cotman2005
Richie
angg. agak aktif


Posts : 181
Reputation : 1
Join date : 20.10.09
Location : dekat di hati

PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Tue Dec 08 2009, 20:19

kalo saya belajarnya harus sambil berenang, ataw sambil bungee jumping, ataw sambilan ber - roller coaster - ria, de el el
_________________
check my blog : http://isengjadiduid.blogspot.com/
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content



PostSubyek: Re: 10 Cara Pintar Belajar   Today at 08:55

Kembali Ke Atas Go down
 

10 Cara Pintar Belajar

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum: Anda tidak dapat menjawab topik
Putera Batam Forum :: Diskusi :: Tips dan Trik (Umum) -